Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau Daya Tarik dan Harga Tiket

Bogor memiliki banyak sekali destinasi wisata curug atau air terjun, itu dikarenakan karena kondisi geografis dan alaminya. Bogor dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan memiliki beragam aliran sungai sehingga terbentuklah air terjun di daerah pegunungan tersebut.

Faktor-faktor seperti curah hujan yang tinggi, topografi yang berbukit-bukit, dan banyaknya sungai itulah yang memungkinkan terbentuknya berbagai air terjun atau curug di sekitar Bogor. Alam yang subur ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi keberadaan berbagai curug yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Selain itu, keindahan alam Bogor ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana pedesaan, udara segar, dan keindahan alam yang masih alami, sehingga destinasi wisata curug di Bogor menjadi populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Diantara banyaknya Curug di Bogor ini terdapat beberapa wisata Curug yang sulit dijangkau dan ada pula yang mudah dijangkau. Nah kali ini kita akan membahas beberapa curug di Bogor yang relatif mudah dijangkau diantaranya adalah:

1. Curug Luhur

Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau
Curug Luhur IMG by Wikipedia

Curug pertama yang mudah dijangkau yaitu Curug Luhur karena Curug ini memiliki akses di sisi jalan raya sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengaksesnya. 

Curug Luhur ini terletak di Desa Ciapus, kecamatan Ciomas, Bogor berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sama seperti namanya Curug 'Luhur' atau sama artinya dengan 'tinggi' itu dikarenakan air terjun yang ada di Curug ini cukup tinggi berkisar antara 50 hingga 62 meter. 

Di sini kamu tidak hanya akan melihat keindahan air terjun yang memukau saja karena di sini juga terdapat tempat wisata Waterboom dan beberapa kolam renang dengan kedalaman yang berabeda bahlan terdapat pula permainan seru lainnya seperti perosotan dan ember tumpah.  

2. Curug Pangeran

Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau
Curug Pangeran IMG by idntimes.com

Curug pangeran ini merupakan wisata air terjun yang letaknya masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak tepatnya di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Curug ini memiliki pesona keindahan alam yang sangat memukau dengan ketinggian air terjun sekitar 6 sampai 7 meter sehingga air yang mengalirnya tidak terlalu deras di lengkapi dengan kolam alami yang jernih berwarna kebiruan di bawah curug tersebut. Bahkan karena kejernihan nya membuat batuan di dasar kolam terlihat jelas.

Untuk masuk kawasan Curug Pangeran ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dan biaya parkir yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. 

3. Curug Nangka

Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau
Curug Nangka IMG by Google Maps

Curug Nangka adalah salah satu air terjun yang terkenal dikalangan para wisatawan yang berasal dari Jabodetabek. Curug ini terletak di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain karena lokasinya yang dekat akses menuju Curug ini pun sangat mudah dijangkau. 

Curug ini berada diketinggian 750 mdpl, karena masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak sehingga Curug ini di kelilingi oleh hutan pinus membuat suasana dan udara semakin sejuk dan pemandangan alam yang tentu saja indah. 

Tidak hanya menikmati suasana sejuk dan pemandangan alamnya yang indah di sini juga kamu dapat melakukan berbagai kegiatan menarik sepeti camping, berenang, trekking dan berfoto dengan latar belakang yang Instagrameble.

Untuk harga tiket masuk nya kamu perlu membayar mulai dari Rp 22. 000.

4. Curug Cilember

Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau
Curug Cilember IMG by Google Maps

Curug Cilember adalah salah satu air terjun yang terletak di kawasan Puncak tepatnya di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Air terjun ini cukup terkenal dan populer di antara wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Salah satu daya tarik utama Curug Cilember adalah akses yang relatif mudah dijangkau dan fasilitas yang cukup baik.

Untuk mencapai Curug Cilember, pengunjung biasanya melewati jalur trekking yang tidak terlalu sulit dan menikmati alam sekitarnya yang asri. Air terjun ini memiliki keindahan alami yang menakjubkan dengan air yang jatuh dari ketinggian ke dalam kolam yang cukup besar di bawahnya. 

Curug ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki tujuh titik air terjun yang air nya berasal dari satu sumber mata air dilansir dari trevel.kompas.com jarak antara titik air terjun satu dengan yang lainnya yaitu kurang lebih 150 sampai 450 meter. Masing-masing air terjun tersebut memiliki kolam di bawahnya sehingga pengunjung dapat bermain sembari menikmati suasana yang tenang dan alami di sekitar air terjun ini.

5. Curug Love Nanggung

Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau
Curug Love Nanggung IMG by idntimes.com

Curug Love Nanggung atau warga setempat mengenalnya dengan nama Curug Catang atau Curug Leuwi Catang. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang berada di tengah-tengah hutan atau pegunungan, Curug Love Nanggung ini dikelilingi oleh panorama alam pesawaran dan perkebunan.

Walaupun begitu air yang mengalir di Curug ini sangat jernih mengalir dari ketinggian sekitar 5 meter menuju kolam atau sungai di bawahnya yang di apit oleh bebatuan di kanan dan kirinya. 

Curug Love Nanggung ini berlokasi di Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Untuk masuk ke destinasi wisata curug ini kamu hanya perlu membayar Rp 15. 000 sampai Rp 20. 000 per orang. 


Kelima curug ini memang memiliki akses yang relatif mudah dijangkau dengan waktu perjalanan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor. Namun, tetap disarankan untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan yang tepat dan memeriksa kondisi terkini sebelum pergi untuk mendaki atau mengunjungi curug-curug tersebut.


Post a Comment for "5 Curug di Bogor yang Mudah Dijangkau Daya Tarik dan Harga Tiket"